-->

pengertian NAT dan fungsinya








NAT atau singkatan dari Network Address Translation tidak  asing lagi dalam jaringan computer dan disini saya akan menjelaskan apa sih itu NAT dan apa fungsinya? mari kita simak pembahasannya di blog ini.

Pengertian NAT (Network Address Translation)

NAT merupakan sebuah proses alamat IP dimana perangkat jaringan computer akan memberikan alamat IP public ke perangkat jaringan local sehingga banyak IP Private yang dapat mengakses IP Public.
dengan kata lain NAT akan mentranslasikan alamat IP sehingga IP address  pada jaringan local dapat megakses alamat host diinternet dengan menggunakan alamat ip public pada jaringan tersebut.Tanpa hal terebut NAT tidak mungkin Ip private pada jaringan local bias mengakses internet.


Fungsi NAT (Network Address Translation)

Fungsi NAT yaitu sebagai translasi alamat ip public ke alamat ip private atau sebaliknya sehingga dengan adanya NAT ini setiap computer pada jaringan LAN dapat mengakses internet dengan mudah. kita tahu bahwa alamat IP public didunia ini semakin menipis sehingga penggunaan dari NAT ini dirasa sengatlah efisien dan efektif terutama dalam alokasi alamat IP.

Jenis-Jenis NAT (Network Address Translation)

pada jaringan computer terdapat 2 jenis NAT diantaranya:

1. DNAT (Destination Network Address Translation) adalah sebuah NAT ayng berfungsi untuk meneruskan paket dari ip public melalui firewall ke suatu host dalam jaringan.Dnat hanya bekerja pada table NAT dan didalam table NAT berisi tiga bagian yang disebut dengan CHAIN, ketiga CHAIN tersebut meliputi prerouting,postrouting dan output.

2. SNAT (Source Network Address Translation) NAT yang bertugas untuk merubah source addres dari suatu paket data,SNAT hanya berlaku pada postrouting.


Kelebihan dan Kekurangan NAT (Network Address Translation)

A. Kelebihan
- Dengan adanya NAT dapat mengurangi adanya duplikasi IP address pada jaringan atau conflict IP.
- Dengan adanya NAT menghindari pengalanatan ulang pada saat jaringan tersebut berubah.
- Dapat mengemat IP legal yang diberikan ole ISP.
- Dapat meningkatkkan fleksibelitas untuk koneksi internet.

B.Kekurangan
- NAT dapat menyebabkan keterlambatan proses ,ini disebabkan karena data yang dikirim harus melalui perangkat NAT terlebih dahulu.
- NAT dapat menyebabkan beberapa aplikasi yang tidak berjalan dengan normal.
-Dengan adanya NAT dapat menghilangkan kemampuan untuk melacak data karena data akan melewati firewall.



0 Response to "pengertian NAT dan fungsinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel