-->

Konfigurasi Hostname Switch Cisco Packet tracer

saat mengkonfigurasi perangkat jaringan komputer salah satu langkah pertama adalah mengkonfigurasi nama atau hosname yang muncul dalam petunjuk CLI dapat digunakan dalam berbagai proses otentikasi antar perangkat dan harus digunakan pada diagram protokol.
jika nama perangkat tidak dikomfigurasi secara eksplisit,nama default yang ditetapkan pabrik digunakan oleh Cisco IOS.nama default untuk switch Cisco IOS adalah "Switch" jika semua perangkat jaringan dibiarkan dengan nama standarnya,akan sulit untuk mengidentifikasi perangkat tertentu ,misalnya ketika mengakses perangkat jarak jauh menggunakan SSH,penting untuk memiliki konfirmasi bahwa anda terhunung ke perangkat yang tepat.

Dengan memilih nama dengan bijak.lebih mudah untuk mengingat mendokumentasikan,dan mengidentifikasi perangkat jaringan,panduan untuk konfigurasi ada di gambar di atas. 


Nama host yang digunakan dalam perangkat IOS menggunakan huruf besar dan karakter huruf kecil.Oleh karena itu memungkinkan kita untuk mengkapitalisasi nama seperti biasanya.ini kontras dengan kebanyakan skeama penamaan internet,dimana karakter huruf besar dan kecil diperlakukan secara identik.

misal pada gambar diatas ada tiga switch mencangkup tiga lantai yang berbeda,saling terhubung dalam satu jaringan.konvensi penamaan yang digunakan mempertimbangkan lokasi dan tujuan masing-masing perangkat.Dokumentasi jaringan harus menjelaskna bagaimana nama-nama ini dipilih sehingga perangkat dapat diberi nama yang sesuai.


setelah konvensi penamaan telah diidentifikasi,langkah selanjutnya adalah menerapkan nama ke perangkat menggunakan mode CLI.


sepetrti gambar diatas dari mode EXEC .akses mode konfigurasi global dengan memasukan perintah configure terminal perhatikan perubahan pada comand prompt. dari mode konfigurasi global masuklkan nama host perintah diikuti dengan nama saklar dan tekan enter .perhatikan perubahan yang terkjadi pada terminal.

Catatan : Untuk menghapus hostname yang dikonfigurasi dan mengembalikan saklar ke prompt default digunakan konfig global. tanpa hostname.

selalu pastikan dokumentasi diperbarui setiap kali perangkat dalam dokumentasi berdasarkan lokasi tujuan dan alamatnya .






0 Response to "Konfigurasi Hostname Switch Cisco Packet tracer"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel