-->

pengertian dan penjelasan DNS,DHCP,FTP









Kata-kata Dns,Dhcp,Ftp memang sudah tidak asing di jaringan computer atau di dunia networking nah disini saya akan menjelaskan apa sih itu dns,dhcp dan ftp mari kita pelajari bersama-sama.

Pengentian DNS (Domain Name Sytem)

Dns adalah kepanjangan dari Domain Name System (DNS server) yaitu nama sebuah system database yang berguna untuk memenuhi kebutuhan komputer, Layanan/sumber daya yang terhubung kedalam jaringan internet/jaringan computer  pribadi. Atau definisi lainnya DNS merupakan system database yang terdistribusi ,digunakan sebagai pencarian nama computer di dalam jaringan yang menggunakan TCP/IP DNS memiliki kelebihan ukuran database yang tak terbatas serta mempunyai performa cukup baik.

Fungsi DNS

1. Menerjemahkan nama host (hostname) jadi nomor IP addresss atau sebaliknya. sehingga nama-nama tersebut mudah diingat oleh para pengguna internet.

2. Memberikan suatu informasi mengenai suatu host kepada selurih jaringan internet.DNS mempunyai keunggulan misalnya seperti DNS sangat mudah sebab user tak lagi direpotkan untuk mengingat ip address sebuah computer/pc cukup dengan hostname. Ip address sebuah computer mungkin dapat saja berubah tapi sebuah hostname tidak boleh berubah.


Pengertian DHCP Server (Dynamic Host Configuration Protokol)

DHCP server adalah suatu layanan yang secara otomatis memberikan alamat ip address kepada computer / kepada client yang memintanya. Pc/computer yang memberikan nomor ip inilah yang disebut dengan DHCP server, sedangkan computer yang meminta atau merequest disebut dengan DHCP client.


Fungsi DHCP Server

A. Mempunyai Fungsi utama yaitu mendistribusikan IP (ip address) secara otomatis ke setiap client/pengguna yang terhubung dengan jaringan computer.

B. Memberikan Kemudahan untuk administrator ketika dalam mengelola jaringan computer,sebab alokasi ip dapat ditentukan secara otomatis.

C. DHCP server selain bias memberikan nomor ip secara dynamic bias juga memberikan alamat ip address secara static kepada client/pengguna yang terhubung kepada jaringan computer.

D. Dapat memberikan suatu kemudahan dalam proses komunikasi data atau computer/pc.


Pengertian FTP (File Trasfer protocol)

FTP adalah suatu protocol yang memiliki fungsi untuk tukar-menukar file di dalam suatu network/jaringan computer yang menggunakan TCP koneksi bukan UDP.

FTP server adalah server yang menjalankan software/perangkat lunak yang memiliki fungsi sebagai yang memberikan layanan tukar-menukar file yang dimana server tersebut selalu siap memberikan layanan file transfer protocol apabila mendapat request dari FTP client.

Fungsi FTP Server

A. Bertujuan untuk sharing data

B. Untuk menyediakan indirect ataupun implicit remote computer

C. Bertujuan menyediakan tempat penyimpanan bagi pengguna/user

D. untuk menyediakan transfer data,file yang reliable serta efisien.



0 Response to "pengertian dan penjelasan DNS,DHCP,FTP"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel