-->

pengertian firewall dan fungsinya,keuntungannya














Kata Firewall sudah tidak asing lagi di jaringan computer atau di dunia IT nah disini saya akan sedikit mambahas tentang pengertian firewall dan fungsinya .

Pengertian Firewall

Firewall adalah suatu aplikasi pada system komputer yang sangat berguna untuk jaringan komputer dan mempunyai fungsi untuk melindungi integritas data atau sistem jaringan dari serangan-serangan dan pihak yang tidak bertanggung jawab.Cara kerja firewall yaitu dengan cara melakukan filterisasi atau penyaringan terhadap paket yang melewatinya.

Fungsi Firewall

Ada 3 proses firewall dalam melindungi jaringan,langsung saja disimak dibawah ini.

1. Modifikasi header paket(untuk memodifikasi kualitas layanan bit paket TCP sebelum mengalami proses routing)

2. Translasi pada alamt jaringan (yang dapat terjadi translasi adalah satu alamat ip private yang dipetakan kesatu alamat ip public atau translasi banyak.

3. Filter paket untuk memilih dan menentukan paket yang dapat diteruskan atau tidak.


Jenis-Jenis Firewall

A. Packet Filtering Layer Gateway

Berfungsi sebagai firewall yang berfungsi melakukan filterasi (penyaringan) terhadap paket yang dating dari luar jaringan untuk melindungi jaringan tersebut.

B. Application Layer Gateway

Firewall jenis ini akan melakukan penyaringan pada layar aplikasi. mekanismenya tidak hanya berdasarkan sumber,tujuan dan atribut paket,tapi bias dicapai content paket tersebut.

C. Circuit Layer Gateway

Firewall ini berjalan pada lapisan transport dari model referensi TCP/IP dan akan mengawasi antara hubungan awal TCP(sebagai tcp handshaking).



0 Response to "pengertian firewall dan fungsinya,keuntungannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel