-->

Fungsi Standar Physical Layer



    Standar Physical Layer mengatasi 3 fungsional :

1. Komponen Fisik

Komponen fisik adalah perangkat keras elektronik ,media dan konektor lain yang mengirimkan dan membawa sinyal untuk mewakili bit,komponen perangkat keras seperti NIC ,antarmuka dan konektor ,bagan kabel,dan desain kabel semuanya ditentukan dalam standar yang terkait dengan Physical Layer berbagai port dan antarmuka pada router cisco 1941 juga merupakan konektor dan pinout tertentu yang dihasilkan dari standar.

2. Encoding

Encoding atau line encoding adalah metode konversi aliran bit data ke dalam "kode" yang telah ditetapkan ,kode adalah pengelompokan bit yang digunakan untuk menyediakan pola yang dapat di prediksi  yang dikenali oleh pengirim dan penerima. Dalam kasus jaringan encoding adalah pola tegangan atau arus yang digunakan untuk merepresentasikan bit 0s dan 1s.

Misalnya pengkodean Manchester mewakili 0 bit oleh transisi tegangan tinggi ke rendah dan 1 bit direpresentasikan sebagai transisi tegangan  rendah ke tinggi contoh pengkodean Manchester diilustrasikan pada gambar diatas transisi terjadi di tengah setiap periode bit.jenis pengkodean ini  digunakan dalam 10 b/s ethernet.keccepatan data yang lebih cepat membutuhkan pengkodean yang lebih kompleks.

3. Pensinyalan


Physical Layer harus mengahsilkan sinyal listrik optik atau nirkabel yang mewakili "1" dan "0" pada media .Metode merepresentrasikan bit disebut metode penysinyalan .standar Physical Layer harus menentukan jenis sinyal apa yang mewakili "0" ini bisa sesederhana seperti perubahan tingak sinyal listrik atau pulsa optik.Misalnya pulsa panjang mungkin mewakili 1 sedangkan pulsa pendek mewakili 0.

Ada banyak cara untuk mengirimkan sinyal metode umum untuk mengirim data menggunakan teknik modulasi .modulasi adalah proses dimana karakteristik dari satu gelombang (sinyal) memodifikasi gelombang lain (pembawa).

Sifat dari sinyal aktual yang  mewakili bit-bit pada media akan bergantung pada metode pensinyalan yang digunakan. sebagai ilustrasi bagaimana teknik AM dan FM digunakan mengirim sinyal ada di gambar di atas.

Bandwith



    Different Physical yanng berbeda mendukung transfer bit pada tingkat yang berbeda .transfer data biasnya dibahas dalam bandwith dan troughput.Bandwith adalah kapasitas medium untuk membawa data.Bandwith digital mengukur jumlah data yang dapat mengalir dari satu tempat ke tempat lain dalam jumlah waktu tertentu.Bandwith biasanya diukur dalam kilobit per detik (kb/s) megabit perdetik (mb/s) atau gigabit per detik(Gb/dtk) Bandwith kadang dianggap sebagai kecepatan perjalanan bit,namun tidak akurat .sebagai contoh di kedua 10mb /s dan 100mb/s Ethernet bit dikirim dengan kecepatan listrik perbedaannya adalah jumlah bit yang ditransmisikan per detik.

Kombinasi faktor menentukan bandwith praktis jaringan:


  • sifat-sifat media
  • teknologi yang dipilih untuk memberikan sinyal dan mendeteksi sinyal jaringan.
properti differnt Physical ,teknologi saat ini dan hukum fisika semua memainkan peran dalam menentukan bandwith yang tersedia .


Throughput




Throughput adalah ukuran file transfer di media selama periode waktu tertentu.Karena sejumlah faktor,Troughput biasanya tidak sesuai dengan bandwith yang ditentukan dalam implementasi Physical Layer ,banyak faktor yang mempengaruhi throghput termasuk:

  • jumlah lalu lintas
  • jenis lalu lintas
  • latensi yang dibuat oleh jumlah perangkat jaringan yang ditemui antara sumber dan tujuan.
Throughput tidak bisa lebih cepat daripada tautan paling lambat di jalur dari sumber ke tujuan .bahkan jika semua atau sebagian besar segmen memiliki bandwith tinggi ,hanya akan mengambil satu segmen di jalur dengan througput rendah untu menciptakan hambatan pada troughput seluruh jaringan.

Ada banyak tes kecepatan online yang dapat mengungkapkan throughput koneksi internet.Angka tersebut memberikan hasil sampel dari tes kecepatan.Ada pengukuran ketiga untuk menilai transfer data dapat digunakan yang dikenali sebagai goodput.Goodput adalah ukuran data yang dapayt digunakan ditransfer selama periode waktu tertentu .Goodput adalah troughput dikurangi overhead traffic untuk membangun sesi ,ucapan terima kasih dan enkapsulasi.


Tipe Media Fisik



Physiscal Layer menghasilkan representasi dan pengelompokan bit sebagai tegangan ,frekuensi radio atau pulsa  cahaya .Berbagai organisasi standar telah berkontribusi pada definisi sifat layer,listrik dan mekanik dari media yang tersedia untuk berkomunikasi data yang berbeda spesifikasi ini mnjamin bahwa kabel dan konektor akan berfungsi seperti yang diantisipasi dengan penerapan data link tautan yang berbeda.

sebagai contoh standar untuk media tembaga didefinisikan :
  • jenis kabel tembaga yang digunakan
  • bandwith komunikasi
  • pinout dan kode warna koneksi ke media
  • jarak maksimum media
mungkin sekian pembahasan dari saya jika bermanfaat silahkan di share ya:)






0 Response to "Fungsi Standar Physical Layer"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel