-->

penjelasan jaringan komputer

 PENGERTIAN JARINGAN KOMPUTER

kata-kata jaringan computer mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita,mengingat hamper setiap hari kita melibatkan jaringan computer dalam pekerjaan kita.Jaringan komputer adalah sebuah system yang terdiri dari dua atau lebih computer yang saling terhubung satu sama lain melalui media transmisi atau media komunikasi sehingga dapat saling berbagi data,aplikasi maupun berbagi perangkat keras computer.

Istilah jaringan computer juga dapat diartikan sebagai kumpulan sejumlah terminal komunikasi yang terdiri dari dua computer atau lebih yang saling terhubung .Tujuan dibangunnya jaringan computer adalah agar informasi/data yang dibawa pengirim(transmitter)dapat sampai kepada penerima(receiver)dengan tepat dan akurat.

Jaringan komputer memungkinkan pengguna dapat melakukan komunikasi satu sama lain dengan mudah.Selain itu, peran jaringan computer sangat diperlukan untuk mengintegrasi data antar computer-computer client sehingga diperoleh satu data yang relevan.

MANFAAT JARINGAN KOMPUTER

  • Dengan jaringan computer kita bias mengakses file yang kita miliki sekaligus file orang lain yang telah disebarluaskan melualui jaringan tersebut misalnya internet
  • Melalui jaringan computer,kita bias melakukan proses pengiriman data secara cepat dan efisien
  • jaringan computer membantu seseorang berhubungan dengan orang lain dari berbagai Negara dengan mudah
  • Kita dapat mengakses berita atau informasi dengan sangat mudah melalui internet dikarenakan internet merupakan salah satu contoh jaringan computer.
JARINGAN KOMPUTER DIBAGI 3

1. LAN

Local Area Network atau yang sering disingkat dengan LAN merupakan jaringan computer     yang hanya mencangkupwilayah kecil saja,semisal warnet,kantor,atau sekolah umumnya jaringan LAN ini luas areanya tidak jauh dari 1km persegi.

2.MAN

Metropolitan Area Network atau yang disingkat MAN merupakan jaringan computer yang mencangkup suatu kota dengan dibekali kecepatan transfer data yang tinggi,bisa dibilang jaringan MAN merupakan gabungan dari beberapa LAN,jangkauan dari jaringan MAN sekitar 10-50km.MAN hanya memiliki satu atau dua kabel dan tidak dilengkapi dengan elemen switching ang berfungsi membuat rancangan menjadi simple.

3. WAN

Wide Area Network atau WAN merupakan jaringan computer yang jangkauannya sangat luas semisal sebuah Negara bahkan benua.WAN umumnya digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih jaringan local sehingga pengguna dapat berkomunikasi dengan pengguna lain meskipun berada di lokasi yang berbeda.

BERDASARKAN  MEDIA TRANSMISI DATA

1. JARINGAN BERKABEL (WIRED NETWORK)

media transmisi data yang digunakan dalam jaringan ini berupa kabel.kabel tersebut digunakan untuk menghubungkan satu computer dengan computer lainnya agar bias saling bertukar data/informasi  atau terhubung interner.salah satunya media transmisi yang digunakan dalam wired network adalah kabel UTP.

2. JARINGAN NIRKABEL (WIRELESS NETWORK)

Dalam jaringan ini diperlukan gelombang elektromagnetik sebagai media transmisi datanya.berbeda dengan jaringan berkabel(wired network) jaringan ini tidak menggunakan kabel untuk bertukar data/informasi dengan computer lain,melainkan menggunakan gelombang elektromagnetik untuk mengirimkan sinyal informasi/data antar computer satu dengan computer lainnya.Wireless adapter,salah satu media transmisi yang digunakan dalam wireless network.

BERDASARKAN PERANAN DAN HUBUNGAN TIAP KOMPUTER DALAM MEMPROSES DATA

1. JARINGAN CLIENT-SERVER

Jaringan ini terdiri dari satu atau lebih computer server dan computer client.biasanya terdiri dari satu server dan beberapa computer client computer server dapat bertugas menyediakan sumber daya data,sedangkan computer client hanya dapat menggunakan sumber daya data tersebut.

2.JARINGAN PEER TO PEER

Dalam jaringan ini masing-masing computer,baik itu komputet server maupun computer client mempunyai kedudukan yang sama.jadi computer server dapat menjadi computer client,dan sebaliknya computer client dapat menjadi computer server.











0 Response to "penjelasan jaringan komputer"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel