-->

Pengertian dan Jenis-jenis kabel UTP








Kabel UTP bukan kata yang asing di dalam jaringan termasuk pada jaringan computer disini saya akan menjelaskan apa itu kabel UTP dan apa fungsinya dan kegunaannya ? oke langsung saja kita ke pembahasan.


PENGERTIAN KABEL UTP

Kabel UTP adalah singkatan dari "Unshielded Twisted Pair" yaitu jenis kabel yang terbuat dari bahan penghantar tembaga,mempunyai isolasi dari plastik dan terbungkus oleh bahan isolasi yang dapat melindungi dari api dan juga kerusakan fisik ,kabel UTP terdiri dari 4 pasang inti kabel yang saling terbelit dimana masing-masing pasang mempunyai kode warna berbeda dan fungsi yang berbeda.

PENJELASAN KABEL UTP

Definisi kabel UTP adalah suatu jenis kabel yang dapat dipakai untuk membuat jaringan computer,kabel yang dibagian dalamnya berisikan 4 pasang kabel Twisted pair cable ini terbagi kedalam 2 jenis diantaranya ,Shielded dan unshielded.Shielded adalah jenis kabel UTP yang memiliki selubung pembungkus sedangkan Unshielded adalah jenis yang tidak mempunyai selubung pembungkus  untuk koneksinya kabeljenis ini memakai konektor RJ-45 atau RJ-11.

FUNGSI KABEL UTP

Fungsi kabel UTP yaitu digunakan sebagai kabel untuk jaringan Local Area Network (LAN) pada system network /jaringan computer,dan umumnya kabel UTP memiliki impedansi kurang lebih 100 ohm,dan juga dibagi menjadi kedalam beberapa kategori berdasarkan kemampuannya sebagai penghantar data.

JENIS-JENIS KABEL UTP

1. CAT 1 : Kabel UTP Category 1 (cat1) adalah jenis kabel yang kualitas trasmisi yang terendah didesain untuk mendukung komunikasi suara analog.

2.CAT 2 :  Kabel Category 2 (cat2) adalah kabel yang memiliki kualitas transmisi yang lebih baik dibandingkal dengan kabel UTP Cat1, jenis atau kategori ini didesain untuk mendukung komunikasi data dan juga suara digital. kabel ini bias mentransmisikan data sampai 4megabit/detik.

3.CAT 3 : adalah kabel UTP dengan kualitas trasnmisi yang lebih baik dibandingkan dengan kabel  UTP Cat 2 jenis kabel ini didesain untuk mendukung komunikasi data dan suara pada kecepatan hingga 10megabit per detik.

4. CAT 4 : adalah kabel UTP dengan kualitas dibandingkan dengan kabel  UTP Cat 3 jenis kabel ini didesain untuk mendukung komunikasi data dan suara pada kecepatan hingga 16megabit per detik.

5. CAT 5 : adalah kabel UTP dengan kualitas trasnmisi yang lebih baik dibandingkan dengan kabel  UTP Cat 4 jenis kabel ini didesain untuk mendukung komunikasi data dan suara pada kecepatan hingga 100megabit per detik.

6. CAT 6 : adalah kabel UTP dengan  sertifikat resmi paling tinggi

7. CAT & : adalah jenis kabel UTP premium yang sangat cocok sekali sebagai media yang high traffic sebagai macam aplikasi dalam 1 kabel (single cable) maksimum data yang terkirim sampai 10gigabit/detik dengan frekuensi 1000mhz.








0 Response to "Pengertian dan Jenis-jenis kabel UTP"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel