-->

pengertian jaringan komputer

 Pembahasan Tentang Jaringan Komputer




Pengertian Jaringan Komputer 

Jaringan Komputer adalah sistem yang terdiri atas komputer tambahan dan perangkat jaringan lainnya yang saling terhubung dan bertukar data dengan media tertentu dengan aturan yang di tetapkan.

Perangkat Komputer

- Komputer
- Printer
- Scanner
- Keyboard

Perangkat Jaringan

- Nic
- Modem
- Hub
- Switch
- Router

Media Jaringan 

- Kabel
- Nirkabel (Tanpa Kabel contoh Wifi)

Jenis Jaringan

- LAN (Local Area Network)
- MAN (Metropolitan Area Network)
- WAN (Wide Area Network)

Pembahasan 

Printer
adalah piranti yang menampilkan data dalam bentuk cetakan baik berupa teks atau gambar/grafik di atas kertas.

Scaner
merupakan suatu alat yang digunakan untuk memindai suatu bentuk mauppun sifat benda seperti,dokumen,foto,gelombang,suhu dan hasil pemindaian tesebut akan di transformasi ke dalam komputer sebagai digital

NIC (kartu jaringan)
merupakan kartu jaringan untuk mengubah aliran data paralel dalam Bus komputer sehingga dapat di transmisikan diatas media jaringan atau jembatan dari komputer ke sebuah jaringan.

Fungsinya: pengirim data ke komputer lain di dalam jaringan

Modem
adalah suatu alat komunikasi dua arah .setiap perangkat komunikasi jarak jauh 2 arah pada umumnya memakai bagian yang di sebut modem seperti microwave radio dan sebagainya ,namun pada umumnya istilah modem dikenal sebagai sebuah perangkat keras yang digunakan untuk keperluan komuikasi pada komputer.

HUB
adalah sebuah alat jaringan komputer yang berfungsi untuk menerima sinyal dari sebuah komputer dan merupakan titik pusay yang  menghubungkan ke seluruh komputer dalam jaringan tersebut.Hub juga berperan sebagai penguat sinyal kabel UTP.

Switch
adalah suatu perangkat yang berfungsi sebagai pengatur dan pembagi sinyal data dari suatu komputer  ke komputer lainnya yang terhubung pada perangkat tersebut atau satu jaringan.fungsi tersebut sama dengan fungsi HUB yang menjadi perbedaan adalah  switch bisa melakukan pengaturan berupa proses filter paket data biasanya masing-masing port pada switch bisa di setting sehingga bisa ditentukan port mana saja yang bisa saling terhubung.

Router
adalah suatu alat yang ibaratnya sebagai perantara jadi router ini berguna untuk menghubungkan beberapa jaringan atau network baik itu jaringan yang sama atau yang berbeda dari segi teknologinya karena alat yang berbeda misalnya topologi bus,star,atau ring.

LAN (local area network)
merupakan jaringan komputer dengan cakupan jaringan yang wilayahnya kecil seperti jaringan komputer gedung,kampus,kantor,sekolah,di dalam rumah,atau satu ruangan seperti warnet.

MAN ( metropolitan area network)
adalah suatu jaringan di dalam suatu kota dengan mengirimkan data dengan berkecepatan tinggi menghubungkan beberapa lokasi seperti perkantoran,kampus,pemerintahan,dan lain sebagainya. jaringan MAN merupakan gabungan beberapa LAN.jangkawan ini antara berjarak 10-50 km MAN adalah jaringan yang cocok untuk membangun antar perkantoran di suatu kota antara instansi atau pabrik.

WAN (wide are network)
adalah jaringan komputer yang menjangkau area yang luas misalnya jaringan komputer antar daerah ,kota,atau negara.jadi WAN adalah jaringan komputer yang memerlukan saluran komunikasi publik router.WAN dimanfaatkan untuk menghubungkan jaringan lokal satu dengan lainnya sehingga memungkinkan pengguna di suatu lokasi dapat berkomunikasi dengan para pengguna di lokasi lainnya.







0 Response to "pengertian jaringan komputer"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel