-->

Mengkonfigurasi Sistem Operasi Jaringan




Setiap Komputer memerluukan sistem oprasi untuk berfungsi, termasuk perangkat jaringan berbasis komputer seperti Switch,router,titik akses dan firewall perangkat jaringan ini menggunakan sistem operasi yang disebut sistem operasi jaringan .

Sistem operasi jaringan memungkinkan perangkat keras ,perangkat berfungsi dan menyediakan antarmuka bagi pengguna untuk berinteraksi dalam program studi.

didalam kegiatan ini bayangkan kita dipekerjakan sebagai insinyur untuk perusahaan manufakur mobil.Perusahaan saat ini sedang mengerjakan model mobil baru.model ini akan memiliki fungsi terpilih yang dapat dikontrol oleh pengemudi yang memberikan perintah suara tertentu.
Rancang satu set perintah yang digunakan oleh sistem kontrol yang diaktifkan -suara ini dan identifikasi bagaimana mereka akan dieksekusi fungsi mobil yang dapat dikontrol oleh perintah suara adalah : lampu,wiper,radio,set telepon,AC.


jadi semua perangkat dan perangkat jaringan akhir memerlukan seisetm operasi (OS) seperti yanag ditunjukan gambar dibawah:




bagian dari OS yang berinteraksi langsung dengan perangkat keras komputer atau dikenal dengan kernel bagian yang berinteraksi dengan aplikasi dan pengguna dikenal dengan shell.Pengguna dapat berinteraksi dengan shell menggunakan antarmuka baris perintah (CLI) atau antarmuka pengguna grafis (GUI).

kertika menggunakan CLI seperti gambar diatas pengguna berinteraksi langsung dengan sistem dalam lingkungan berbasisi teks dengan memasukan perintah pada keyboard pada prompt perintah sistem mengeksekusi perintah,sering membutuhkan keluaran tekstual ,CLI membutuhkan overhead yang sangat kecil untuk beroperasi.Namun itu memang mengharuskan pengguna memiliki pengetahuan tentang struktur yang mendasari yang mengontrol sistem.


di metode antar muka yaitu GUI seperti windows,OS X ,Apple,iOS,atau android memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan sistem menggunakan lingkungan ikon grafis,menu dan jendela .contoh: GUI pada gambar diatas lebih mudah digunakan dibandingkan dengan mode GUI yang harus menginputkan perintah terlebih dahulu, dan alasan ini mengapa banyak orang yang memilih metode GUI.
Namun GUI tidak selalau dapat menyediakan semua fitur yang tersedia di CLI.GUI juga bisa gagal,crash, atau tidak beroperasi seperti yang ditentukan . Untuk alasan ini perangkat jaringan biasanya diakses melaui CLI. CLI kurang intensif sumber daya dan sangat stabil bila dibandingkan dengan GUI.

Sistem Operasi jaringan yang digunakan pada perangkat Cisco disebut Cisco internetwork Operating System(IOS) cisco IOS digunakan untuk sebagian besar perangkat Cisco terlepas dari jenis atau ukuran perangkat.

Catatan: Sistem operasi pada router rumah biasanya disebut firmware .metode yang paling umum untuk mengkonfigurasi router rumah adalah dengan mengunakan metode  GUI berbasis web browser.









0 Response to "Mengkonfigurasi Sistem Operasi Jaringan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel