-->

penjelasan Application Layer secara Lengkap









Sebelum ke pembahasan alangkah baiknya disini bahwa application layer termasuk kedalam Layer OSI apa sajakah layer OSI? diantaranya:

- application layer
- presentasion layer
- session layer
- transport layer
- network layer
- data link
- physical layer

nah disini saya akan membahas tentang application layer dan cara kerja  application layer untuk itu mari kita simak pembahasan berikut ini.

Pengertian Application Layer

-Application layer adalah layer atau lapisan teratas pada model osi reference ketika user akan mengirimkan pesan dan menjadi layer / alpisan terakhir.
- Yang menyediakan interface/anatar muka antar aplikasi yang digunakan untuk melakukan komunikasi di dalam jaringan dan kemudian membantu mengirim dan menerima pesan yang dikirimkan di dalam jaringan tersebut. 


Cara kerja application layer

-Pada dasarnya application layer akan menerima perintah dari dari usernya dengan bantuan aplikasi / software tertentu untuk mengirimkan suatu pesan atau data komputer lain.
-Application layer akan menampilkan pesan atau data yang diterima oleh user dalam bentuk aplikasi atau software tertentu.
- Mendefinisikan dan juga menelusuri cara kerja dari application layer.

Fungsi application layer

- Sebagai pengumpul keseluruhan  informasi dan data yang diterima dan yang akan dikirim melalui sebuah jaringan.
- Sebagai user interface dalam menampilkan data dan informasi.

Software yang bekerja pada application layer

 Email client (outlook,yahoo,gmail dsb)
- Web browser (mozila,google chrome,internet explore)

Protokol-Protokol dalam application layer

1.DNS (domain name server)

   Dalam jaringan data ,peralatan diberi label dengan alamat ip numerik sehingga mereka dapat berpartisipasi dalam mengirim dan menerima pesan melalui jaringan, Namun kebnayakn orang sulit mengingat alamat numerik,oleh karena itu nama domain diciptakan untuk mengkonversi alamat numerik menjadi nama,sederhana dikenali. Di internet nama domain seperti www.cisco.com jauh lebih mudah bagi orang untuk diingat daripada 192.133.219.25 yang adalah alamat numerik sebenarnya untuk server ini. juga jika memeutuskan untuk mengubah alamat numerik, adalah transparan kepada pengguna,karena nama domain akan tetap www.cisco.com alamat baru hanya akan dihubungkan ke nama domain yang ada dan konektivitas dipertahankan.ketika jaringan masih kecil itu adalah tugas sederhana untuk menjaga pemetaan anatara nama domain dan alamat mereka mewakili.namun,karena jaringan mulai tumbuh dan jumlah perangkat meningkat ,ini sistem manual menjadi tidak bisa dijalankan.

   Domain Name system adalah diciptakan untuk nama domain untuk alamat resolusi jaringan ini.DNS didistribusikan menggunakan satu set server untuk menyelesaikan nama-nama yang terkait dengan alamat nomor. protokol DNS mendefinisikan sebuah layanan otomatis yang cocok dengan nama sumber daya dengan alamat jaringan yang dibutuhkan numerik.hal ini termasuk format untuk pertanyaan tanggapan dan formt data.komunikasi protokol DNS menggunakan format tunuggal yang disebut pesan.Format pesan ini digunakan untuk semua jenis peremintaan client dan respon server,pesan kesalahan dan transfer informasi sumber daya catatan antara server.

   sistem operasi komputer juga memiliki utilitas yang disebut nslookup yang memungkinkan pengguna untuk secara manual query server nama untuk menyelesaikan nama host yang diberikan. utilitas ini juga dapat digunakan untuk memecahkan masalah resolusi nama dan untuk memastikan status saat ini dari server nama.


2. HTTP protokol

     Hypertext Transfer Protocol (HTTP) merupakan salah satu dalam suite TCP/IP pada awalnya dikembangkan untuk mempublikasikan dan mengambil halaman HTML dan sekarang digunakan terdistribusi,sistem informasi kolaboratif HTTP digunakan di World Wide Web untuk transfer data dan merupakan salah satu protokol applikasi yang paling sering digunakanGET permintaan akan meresponnya dengan baris status seperti HTTP/1.1 200 ok,dan pesan sendiri tubuh yang memungkinkan merupakan file yang diminta pesan kesalah atau beberapa informasi lainnya.

POST dan PUT digunakan untuk mengirim pesan yang mengupload data ke web server sebagai contoh ketika pengguna memasukan data ke dalam bentuk tertanam dalam suatu halaman web ,POS meliputi data dalam pesan yang dikirim ke server.

Cara Kerja HTTP
- ketika user ingin masuk kedalam situs client internet server seperti web browser maka http pun bekerja.
- http akan mengkoneksikan client (proses request) menghubungkan dengan www dan sumber daya yang kita kenal dengan URL (Uniform resource locator).

3. SMTP /POP protokol

Email layanan jaringan yang paling populer telah merevolusi cara orang berkomunikasi melalui ksederhanaan dan kecepatan.Namun untuk dijalankan pada komputer atau perangkat ujung yang lain email memerlukan beberapa aplikasi dan layanan ,dua contoh aplikasi protokol lapisan adalah Post Office protocol (POP) dan simple mail transfer protocol (SMTP).

Cara kerja SMTP

- bahwa terdapat sebuah email server yang bertugas sebagai pendamping sementara surat elektronik,sebelum dikirimkan ke email penerima.
- jadi kerita user akan mengirim surat  maka surat tersebut yang dikirim user akan menggunakan SMTP sehingga surat tersebut akan masuk kedala email penerima.kerika email penerima terseteksi cocok maka surat terserbut dikirim ke alamt dituju dan pengirim dapat notif bahwa surat sudah dikirim.




mungkin segitu penjelasan dari saya :)

baca juga artikel yang lain :








0 Response to "penjelasan Application Layer secara Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel