-->

Network Akses


       Untuk mendukung komunikasi kami,model OSI membagi fungsi jaringan data menjadi lapisan setiap bekerja dengan lapisan di atas dan di bawah untuk mengirim data.dua lapisan model OSI sangat erat, yang menurut model TCP/IP mereka pada dasarnya satu lapisan.Dua lapisan itu adalah data link layer dan physical layer.

    Pada perangkat pengirim ,itu adalah peran dari data link untuk menyiapkan data untuk menyiapkan transmisi dan mengontrol bagaimana data mengakses media fisik. namun physical layer  mengontrol bagaimana data ditransmisi ke media fisik dengan menyandikan digit biner yang mewakili data menjadi sinyal.

Disisi penerima ,physical layer  menerima sinyal seluruh media penghubung setelah decoding sinyal kembali ke data,physical layer melewati frame ke lapisan data link untuk penerimaan data pemrosesan.

Jenis Jaringan



     Sebelum komunikasi jaringan dapat terjadi ,koneksi fisik ke jaringan lokal harus ditetapkan ,sambungan fisik dapat berupa koneksi kabel menggunakan kabl atau koneksi nirkabel menggunakan gelombang radio.

Jenis koneksi fisik yang digunakan tergantung pada pengaturan jaringan. misalnya di banyak kantor perusahaan ,karyawan memiliki komputer  desktop atau laptop yang terhubung secara fisik ,melalui kabel,ke switch bersama.jenis pengaturan ini adalah jaringan kabel.data ditransmisi melalui kabel fisik.



   Selain koneksi kabel, banyak bisnis juga yang menawarkan jaringan nirkabel untuk laptop,tablet,dan smartphone.Dengan peramhkat nirkabel,data yang di transmisi menggunakan gelombang radio .pengguna konektivitas nirkabel adalah umum sebagai individu , dan bisnis bersama-sama,menemukan keuntungan dari menawarkan jenis layanan ini. Untuk menawarkan kemampuan nirkabel ,perangkat pada jaringan nirkabel harus terhubung ke titik akses point (AP).

     Beralih perangkat dan titik akses nirkabel sering dua perangkat khusus yang terpisah dalam implementasi jaringan,namun ada juga perangkat  yang menawarkan konektivitas kabel dan nirkabel.dibanyak rumah misalnya individu menerapkan  intergrated services router (ISR). ISR ini menawarkan komponen switching dengan beberapa port,memungkinkan beberapa perangkat untuk terhubung ke Local Area Network(LAN) menguunakan kabel.Selain itu banyak ISR juga menyertakan AP,yang memungkinkan perangkat nirkabel untuk terhubung juga.

Network Interface Card (NIC)


       Network interface card ini menghubungkan perangkat ke jaringan.Ethernet NIC digunakan untuk koneksi kabel seperti gambar diatas. sedangkan WLAN (Wireless Local Area Network) NIC digunakan untuk nirkabel.Perangkat pengguna akhir dapat mencangkup satu atau kedua jenis NIC,sebuah printer jaringan misalnya,Mungkin hanya memiliki NIC ethernet dan karena itu harus terhubung ke jaringan menggunakan kabel ethernet perangkat lain,seperti tablet dan posel,mungkin hanya berisi WLAN NIC dan harus menggunakan koneksi nirkabel.


      Gambar diatas menunjukan bahwa extender rentang nirkabel dapat digunakan untuk meregenerasi sinyal nirkabel ke bagian lain dari rumah yang terlalu jauh dari titik akses nirkabel atau koneksi kabell tidak akan menurunkan kinerja.

      semua perangkat nirkabel  harus berbagi akses ke gelombang rudara yang terhubung ke titik akses nirkbale .ini  berarti kinerja jaringan yang lebih lambat dapat terjadi karena lebih banyak perangkat nirkabel yang mengakses jaringan secara bersamaan .perangkat berkabel tidak perlu membagi aksesnya ke jaringan dengan perangkat lain.setiap perangkat berkabel memiliki saluran komunikasi terpisah diatas kabel Ethernet-nya ,ini penting ketika mempertimbangkan beberapa aplikasi seperti game online,streaming video dan konferensi video yang memerlukan bandwith lebih khusu daripada applikasi lain.



0 Response to "Network Akses "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel