makalah lingkungan bisnis
MAKALAH LINGKUNGAN
BISNIS
MATA KULIAH LINGKUNGAN BISNIS
Disusun Oleh :
Agung Tri Laksono
NIM : 17.83.0031
JURUSAN TEKNIK
KOMPUTER
TAHUN 2017/2018
BAB I
ABSTRAKSI
1. ABSTRAKSI
Dalam
menghadapi persaingan dalam dunia bisnis diperlukan suatu strategi yang tepat
guna memenangkan persaingan tersebut. Strategi di tingkat operasional akan
memegang kendali utama terlaksananya tujuan perusahaan dalam mencari keuntungan.
Memberikan perhatian kepada lingkungan merupakan cara terbaik untuk merumuskan
strategi yang akan diterapkan guna menghadapi persaingan.
Lingkungan
Internal berkaitan dengan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki oleh perusahaan.
Lingkungan eksternal adalah lingkungan umum serta lingkungan industri di luar
internal perusahaan yang merupakan suatu peluang atau hambatan bagi perusahaan.
Lingkungan
tidak hanya semata-mata merefleksikan lingkungan ekologi, tetapi juga
menjelaskan gambaran keseluruhan terhadap kekuatan lingkungan eksternal.
Hal tersebut dapat berdampak pada aktivitas organisasi dari segala aspek.
2. RUMUSAN
MASALAH
·
Apa
definisi lingkungan bisnis?
·
Bagaimana
analisis terhadap lingkungan umum?
·
Bagaimana analisis pesaing, kluster dan konsep persaingan?
·
Apa peranan lingkungan bisnis dalam perusahaan?
·
Apa peranan lingkungan bisnis dalam organisasi bisnis?
BAB II
PEMBAHASAN
1. PENGERTIAN LINGKUNGAN BISNIS
Lingkungan bisnis adalah segala sesuatu yang mempengaruhi aktivitas bisnis
dalam suatu lembaga organisasi atau perusahaan. Faktor – factor yang
mempengaruhi tersebut tidak hanya dalam perusahaan (intern), namun juga dari
luar (ekstern).
Oleh karena itu, lingkungan bisnis diklasifikasikan menjadi 2 macam,
yaitu :
Lingkungan Internal
Segala sesuatu di dalam orgnisasi / perusahaan yang akan mempengaruhi organisasi / perusahaan tersebut.
Segala sesuatu di dalam orgnisasi / perusahaan yang akan mempengaruhi organisasi / perusahaan tersebut.
Lingkungan Eksternal
Segala sesuatu di luar batas-batas organisasi/perusahaan yang mungkin mempengaruhi organisasi/perusahaan.
Segala sesuatu di luar batas-batas organisasi/perusahaan yang mungkin mempengaruhi organisasi/perusahaan.
A. LINGKUNGAN INTERNAL
Lingkungan Internal dipengaruhi oleh beberapa factor, yaitu :
Tenaga kerja (Man)
Modal (Money)
Material / bahan baku (Material)
Peralatan/perlengkapan produksi (Machine)
Metode (Methods)
Lingkungan internal ini biasanya digunakan untuk menentukan
Strength(kekuatan) perusahaan, dan juga mengetahui Weakness (kelemahan)
perusahaan.
B. LINGKUNGAN EKSTERNAL
Lingkungan eksternal dibagi menjadi 2, yaitu :
Lingkungan Mikro, dimana perusahaan dapat melakukan aksi – reaksi terhadap
faktor – faktor penentu Opportunty (peluang pasar) dan juga Threat (ancaman
dari luar).
Faktor – faktor yang mempengaruhi :
Pemerintah
Pemegang saham
(shareholders)
Kreditor
Pesaing
Publik
Perantara
Pemasok
Konsumen
Pemerintah
Pemegang saham
(shareholders)
Kreditor
Pesaing
Publik
Perantara
Pemasok
Konsumen
Lingkungan Makro,dimana perusahaan hanya dapat merespon lingkungan di luar
perusahaan.
Faktor – faktor yang mempengaruhi :
Lingkungan ekonomi
Lingkungan teknologi
Lingkungan politik-hukum (pemerintahan)
Lingkungan sosial kultur
Lingkungan global
Lingkungan bisnis
Teknologi dan informasi
Lingkungan ekonomi
Lingkungan teknologi
Lingkungan politik-hukum (pemerintahan)
Lingkungan sosial kultur
Lingkungan global
Lingkungan bisnis
Teknologi dan informasi
2. ANALISIS TERHADAP LINGKUNGAN UMUM
Analisis
lingkungan eksternal bertujuan untuk mengetahui ancaman dan peluang. Ancaman
adalah suatu kondisi dalam lingkungan umum yang dapat menghambat usaha-usaha
perusahaan untuk mencapai daya saing strategis.
Sedangkan
peluang adalah kondisi dalam lingkungan umum yang dapat membantu perusahaan
mencapai daya saing strategis. Proses yang dilakukan secara kontinyu untuk
melakukan analisis lingkungan eksternal adalah dengan melakukan pemindaian
(scanning), pengawasan (monitoring), peramalan (forecasting), dan penilaian
(assessing).
1. Pemindaian
Melalui
pemindaian perusahaan mengidentifikasi tanda-tanda awal dari perubahan
potensial dalam lingkungan umum, dan mendeteksi perubahan-perubahan yang sedang
terjadi. Pemindaian lingkungan merupakan hal penting dan menentukan bagi
perusahaan-perusahaan yang bersaing dalam lingkungan yang sangat tidak stabil.
2. Pengawasan
Melalui
pengawasan perusahaan mendeteksi perubahan dan trend-trend lingkungan melalui
pengawasan yang berkelanjutan. Kritikal bagi pengawasan yang berhasil adalah
kemampuan untuk mendeteksi makna dalam peristiwa-peristiwa lingkungan yang
berbeda.
3. Peramalan
Pada
peramalan, analis mengembangkan proyek-proyek yang layak tentang apa yang
mungkin terjadi, dan seberapa cepat, perubahan-perubahan dan trend-trend itu
dideteksi melalui pemindaian dan pengawasan.
4. Penilaian
Tujuan
penilaian adalah untuk menentukan waktu dan signifikansi efek-efek dari
perubahan-perubahan dan trend-trend lingkungan terhadap manajemen strategis
suatu perusahaan. Selangkah lebih maju tujuan penilaian adalah untuk
menspesifikasi implikasi pemahaman tersebut pada organisasi. Tanpa penilaian
perusahaan dibiarkan dengan data-data yang menarik, tapi tidak diketahui
relevansi kompetitiifnya.
Lingkungan
umum adalah suatu lingkungan dalam lingkungan eksternal organisasi yang
menyusun faktor-faktor tersebut pada dasarnya diluar dan terlepas dari operasi
perusahaan. Faktor-faktor tersebut antara lain :
1. Faktor
ekonomi
Factor
ekonomi mengacu pada sifat, cara dan arah dari perekonomian dimana suatu
perusahaan akan atau sedang berkompetisi. Indicator dari kesehatan perekonomian
suatu Negara antara lain adalah tingkat inflasi, tingkat suku bunga, deficit
atau surplus perdagangan, tingkat tabungan pribadi dan bisnis, serta produk
domestic bruto.
2. Faktor
sosial
Faktor
sosial yang mempengaruhi suatu perusahaan mencakup keyakinan, nilai, sikap,
opini yang berkembang, dan gaya hidup dari orang-orang di lingkungan mana
perusahaan beroperasi. Faktor-faktor ini biasanya dikembangkan dari kondiasi
cultural, ekologis, pendidikan, dan kondisi etnis.
3. Faktor
politik dan hukum
Faktor
politik dan hukum mendefinisikan parameter-parameter hokum dan bagaimana
pengaturan perusahaan harus beroperasi. Kendala politik diberlakukan terhadap
perusahaan melalui keputusan perdagangan yang wajar, program perpajakan,
penentuan upah minimum, kebijakan polusi dan harga serta banyak tindakan
lainnya yang bertujuan untuk melindungi karyawan, konsumen, masyarakat umum dan
lingkungan. Beberapa tindakan politik dan hukumjuga didesain untuk member
manfaat dan melindungi perusahaan.
4. Faktor
teknologi
Kemajuan
teknologi secara dramatis telah mengubah produk, jasa, pasar, pemasok,
distributor, pesaing, pelanggan, proses manufaktur, praktik-praktik pemasaran
dan posisi persaingan. Kemajuan teknologi dapat menciptakan pasar baru,
perkembangan produk, dan lain sebagainya. Perubahan teknologi dapat mengurangi
atau menghilangkan perbedaan biaya antar perusahaan, menciptakan proses
produksi yang lebih singkat, menciptakan kelangkaan pada tenaga tehnikal serta
mampu merubah nilai-nilai dan harapan para stakeholders.
5. Faktor
demografi
Yang
perlu diperhatikan oleh perusahaan menyangkut factor demografi ini diantaranya
adalah ukuran populasi, struktur umum, distribusi geografis, pencampuran etnis
serta distribusi pendapatan.
Lingkungan
industri adalah tingkatan dari lingkungan eksternal organisasi yang
menghasilkan komponen yang secara normal memiliki implikasi yang relative lebih
spesifik dan langsung terhadap operasional perusahaan.
Hal
tersebut mempengaruhi dalam hal diantaranya:
1. Perubahan
basis konsumen, yang dapat meningkatkan kekuatan pembeli
2. Keberagaman
dalam karakteristik desain dan kualitas diantara pemain akan meningkatkan
persaingan
3. Pemain
baru.
3. JENIS-JENIS LINGKUNGAN BISNIS
Jenis lingkungan bisnis dibedakan menjadi dua yaitu :
Lingkungan umum (Lingkungan Makro), dan
Lingkungan khusus (Lingkungan Mikro)
A. Lingkungan umum (Lingkungan Makro)
Lingkungan umum meliputi beberapa faktor yang
mempengaruhi keseluruhan kegiatan bisnis secara tidak langsung. Lingkungan umum
tidak hanya mempengaruhi perusahaan-perusahaan saja, tetapi juga akan
mempengaruhi berbagai unsur yang termasuk dalam lingkungan khusus.
Beberapa pengaruh dari faktor-faktor lingkungan
umum terhadap aktivitas bisnis suatu perusahaan:
- Politik,
contohnya masalah politik menyangkut tingkat pemusatan kekuatan politik,
sifat organisasi politik, sistem parta
- Hukum,
contohnya meliputi sifat hukum, sistem hukum yang berlaku khususnya yang
berpengaruh terhadap perkembangan perusahaan.
- Sosial dan
Budaya, lingkungan sosial meliputi struktur golongan yang ada dalam
masyarakat yang dapat mempengaruhi perkembangan perusahaan. Sedangkan
budaya menyangkut latar belakang nilai, keyakinan dan persepsi masyarakat
yang terbentuk lewat sejarah kehidupan masyarakat itu sendiri.
- Perekonomian,
memperlihatkan peningkatan daya beli masyarakat, nilai mata uang domestik
terhadap mata uang asing.
- Pemerintah,
meliputi berbagai kebijakan pemerintah yang kondusif antara lain kebijakan
fiskal dan kebijakan moneter.
- Alam, meliputi
ketersediaan input / bahan baku dalam proses produksi dan kualitas
lingkungan alam akan menentukan kualitas output / produk yang diciptakan
perusahaan.
- Teknologi,
meliputi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya dalam bidang
industri dan fasilitas lain.
B. Lingkungan khusus (Lingkungan Mikro)
Lingkungan khusus terdiri dari unsur-unsur dalam
kegiatan sistem pasar yang mempengaruhi perusahaan. Beberapa unsur lingkungan
khusus ;
·
Pemasok
·
Pelanggan
·
Perantara
·
Pesaing
·
Penyedia Modal
·
Tenaga Kerja
4. PENGARUH LINGKUNGAN BISNIS DALAM PERUSAHAAN
Pengaruh lingkungan bisnis terhadap perusahaan sangat
besar pengaruhnya. Karena lingkungan bisnis sangat berpengaruh terhadap
kelangsungan hidup perusahaan, seperti lingkungan internal yang sangat
mempengaruhi pengaruh didalam perusahaan seperti masalah tenaga kerja, sdm dan
lain – lain, dan sebaliknya untuk lingkungan diluar perusahaan
5. PERANAN LINGKUNGAN DALAM ORGANISASI BISNIS
a. Peranan
berorientasi terhadap kebijakan
Peran pertama ini ditunjukan untuk memperbaiki kinerja organisasi bisnis
terutama dalam hal memahami berbagai kecenderungan perubahan lingkungan.
b. Peranan berorientasi
pada perencanaan strategi bisnis terpadu
Secara umum peranan ini mempersiapkan peramalan lingkungan bisnis guna
memperoleh asumsi dasar tentang perencanaan organisasi bisnis dan menyediakan
informasi tentang lingkungan bisnis yang releven.
c. Peranan berorientasi
fungsi
Peranan berfungsi
untuk memperbaiki kinerja organisasi bisnis melalui kinerja fungsi secara
spesifik.
BAB III
PENUTUP
KESIMPULAN
Lingkungan bisnis
adalah keseluruhan hal-hal atau keadaan ekstern badan usaha atau industri yang
mempengaruhi kegiatan organisasi atau kekuatan atau institusi diluar organisasi
bisnis yang dapat mempengaruhi kinerja bisnis.
Analisis lingkungan
eksternal bertujuan untuk mengetahui ancaman dan peluang. analisis lingkungan
eksternal adalah dengan melakukan pemindaian (scanning), pengawasan
(monitoring), peramalan (forecasting), dan penilaian (assessing).
Kekuatan-kekuatan yang
mempengaruhi persaingan industri, antara lain sebagai berikut :
1. Ancaman dari Pendatang
Baru
2. Tingkat rivalitas
diantara para pesaing yang sama
3. Tekanan dari produk
pengganti
4. Kekuatan tawar menawar
pembeli
5. Kekuatan tawar menawar
pemasok
Bagaimana perusahaan mengumpulkan
dan menafsirkan informasi tentang para pesaing mereka
disebut analisis pesaing. Analisis pesaing
memusatkan perhatiannya pada setiap perusahaan yang
bersaing secara langsung dengan sebuah perusahaan. Perusahaan perlu memahami:
1. Apa yang menggerakkan
pesaing, seperti yang ditunjukkan oleh tujuan-tujuan masa depannya.
2. Apa yang sedang dilakukan oleh pesaing, seperti yang diungkapkan oleh
strateginya saat ini.
3. Apa yang diyakini oleh
pesaing tentang dirinya sendiri dan tentang industri, seperti yang ditunjukkan
oleh asumsi-asumsinya.
4. Apa kemampuan
perusahaan, seperti yang ditunjukkan oleh kapabilitasnya.
Kluster secara umum
didefinisikan sebagai konsentrasi geografis dari subsector-subsektor manufaktur
yang sama.
DAFTAR PUSTAKA
http://makalahpaijo.blogspot.co.id/2013/04/perusahaan-dan-lingkungan-bisnis.html
https://reycca.wordpress.com/2009/11/08/pengertian-lingkungan-bisnis/
https://reycca.wordpress.com/2009/11/08/pengertian-lingkungan-bisnis/
0 Response to "makalah lingkungan bisnis"
Post a Comment